Menikmati Pemandangan Embung Nglanggeran | Storybank

Menikmati Pemandangan Embung Nglanggeran

0
69

Embung Nglanggeran adalah salah satu tempat wisata hits yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat wisata ini berada di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Siapapun yang berkunjung ke Embung Nglanggeran ini akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Menurut warga setempat danau buatan ini tercipta lantaran adanya sebuah bukit yang di potong sedemikian rupa menjadi sebuah telaga.

Pada sore hari adalah waktu paling pas untuk mengunjungi telaga Embung Nglanggeran ini. Lantaran berada di ketinggian, pengunjung dapat menikmati senja dari pinggir Embun. Sinar matahari yang berwarna indah keemasan bakal menyinari telaga buatan Gunungkidul ini.

Sebelum dibangun menjadi salah satu wisata Gunungkidul seperti sekarang, dulu hanya merupakan sebuah bukit yang lebih dikenal Gunung Gandu. Baru lah tepat pada tanggal 19 Februari 2013 silam, Gubernur sekaligus raja Yogyakarta pak Sri Sultan Hamengkubuwono X mulai meresmikan sebagai objek wisata baru Gunungkidul. Alasan utama dibangun embung yakni masyarakat sekitar gunung Gandu mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, sehingga timbul lah solusi dibuatnya sebuah wadah penampungan bersumber dari air hujan, dimana wadah tersebut memiliki kapasitas sangat besar.

Desain konstruksi embung terbilang cukup bagus serta memiliki nilai keindahan untuk menarik wisatawan selalu berkunjung di sini. Di sejumlah sisi telaga dikelilingi dipasang sebuah instalasi air, ya maksudnya supaya air dapat mengaliri menuju ke area persawahan dan perkebunan milik masyarakat sekitar.

Sekedar informasi, kalau pihak pengelola mengeluarkan aturan, melarang keras bagi pengunjung hendak memancing dan berenang di embung. Di sisi lain telaga buatan Jogja ini terdapat pemandangan berupa lembah berwarna hijau asri hingga batas horison sangat indah. Kalau sobat datang ke sini, maka hanya menikmati keindahan alam sembari berswafoto.

LEAVE A REPLY